12.24.2007

Mencetak dan Mentransfer 'Favorite' dan 'Bookmark' Pada IE dan Firefox

Bookmark dari Firefox dan Favorite dari Internet Explorer adalah fasilitas yang sering kita gunakan untuk menyimpan link alamat dari suatu web yang sering kita kunjungi agar nantinya ketika kita ingin mengakses web itu lagi, kita tidak perlu harus menuliskan kembali secara lengkap alamat dari web itu, tinggal men-click alamat yang telah kita simpan. Hal ini tentu saja sangat berguna dan memudahkan kita. Tetapi bagaimana cara untuk mencetak dan mentransfernya ke komputer lain?

Untuk Favorite dari Internet Explorer, pilih menu File-Import kemudian Export. Untuk pemakai IE7, jika menu tidak terlihat, tekan F10 untuk menampilkannya. Klik Next, pilih Export Favorites, klik Next dua kali, centang di Export to a File, dan tentukan lokasi dan nama dari file HTML hasil dari proses tadi. Klik Next, kemudian Finish dan Anda akan mendapat sebuah file HTML bagus yang berisi semua Favorites, yang tersusun secara urut lengkap dengan subfolder yang ada.

Sedangkan Bookmark-nya Firefox sudah tersimpan dalam bentuk file HTML , Anda tinggal mencarinya. File itu ada di C:\Documents and Settings\'username'\Application Data\ mozilla\ firefox\ profiles\ 'random'\ bookmarks.html, di mana 'username' adalah username Anda dan 'random' adalah nama folder acak.

Untuk mencetaknya, buka saja file HTML dengan browser Anda dan tinggal cetak seperti Anda mencetak halaman web lainnya. Untuk mentransfernya ke komputer lain, copy file HTML lewat USB, email atau disket. Kemudian lakukan import ke browser dari komputer lain itu.

Related Post